Friday, November 25, 2016

Riding a Motorbike is......

sumber: Google image
Sepeda motor saat ini merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Oleh sebagian orang, sepeda motor bahkan sudah lebih dari sekedar alat transportasi, sepeda motor sudah merupakan bagian dari gaya hidup. Semakin banyak orang, tidak hanya di Indonesia tetapi di dunia yang melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Tidak tanggung-tanggung, perjalanan keliling dunia dengan menggunakan sepeda motorpun telah banyak dilakukan. Jika anda ingin mencoba mencari cerita mengenai petualangan bermotor jarak jauh atau bahkan keliling dunia, anda cukup mencarinya di mesin pencari Google dengan kata kunci seperti: "RTW motorcycle story", "motorcycle around the world" atau "motorcycle journey story". Dari hasil mesin pencari tersebut anda juga dapat menemukan berbagai forum motorcycle travel yang memuat lebih banyak cerita dari pengendara yang akan, sedang maupun telah melakukan perjalanan di seluruh dunia.

Sumber: Google image
Di Indonesia sendiri belum terlalu banyak pengendara sepeda motor yang melakukan perjalanan keliling dunia, namun bukan berarti belum pernah ada. Coba saja anda ketik Jeffrey Polnaja di mesin pencari Google, atau langsung saja buka www.rideforpeace.info. Jeffrey Polnaja adalah mungkin orang Indonesia yang berhasil melakukan perjalanan keliling dunia pertama dengan menggunakan sepeda motor. Tidak tanggung-tanggung Jeffrey Polnaja, menurut wikipedia juga memecahkan rekor sebagai pengendara motor keliling dunia dengan jarak terjauh ketiga, yaitu sejauh 440.000 km. Hm..such an inspiring story right?? Selain Jeffrey Polnaja, coba juga ketik Mario Iroth di mesin pencari Google dan lihat apa hasilnya.

Sumber: Google image
Perjalanan jauh menggunakan sepeda motor di Indonesia juga sudah bukan merupakan barang langka lagi, hampir setiap hari, terutama di jalan lintas kota atau propinsi, kita dapat menemukan pengendara yang sedang melakukan perjalanan jauh, entah apapun tujuannya. Pada dasarnya perjalanan jauh mengendarai sepeda motor, entah itu dalam rangka perjalanan keliling dunia, perjalanan komuter di akhir pekan atau karena memang hobi melakukan perjalanan dengan sepeda motor memiliki prinsip yang sama yaitu kesiapan mental, fisik dan sepeda motor serta perlengkapannya. Saya tidak akan membahas jenis-jenis sepeda motor yang akan digunakan karena memilih sepeda motor menurut saya seperti memilih pasangan hidup kita, cocok-cocokan. Sepeda motor yang mahal, dengan merek terkenal belum tentu cocok dan nyaman dikendarai untuk perjalanan jarak jauh, begitu pula dengan sepeda motor kelas ekonomis juga belum tentu tidak nyaman dipakai jarak jauh. Saya pernah membaca di salah satu forum sepeda motor, yang menandakan sepeda motor itu cocok untuk anda adalah jika anda merasa fun dalam mengendarainya. Bukti lainnya adalah, saya sudah pernah membaca berbagai cerita perjalanan keliling dunia dengan berbagai jenis sepeda motor, mulai dari sepeda motor bebek, skuter, HD, touring motorcycle, sampai sepeda motor yang memang ditujukan untuk perjalanan jauh dan dapat digunakan di segala medan. Yang penting itu orangnya, bukan sepeda motornya, asalkan punya niat, siap fisik, mental dan tahu batas kemampuan sepeda motor, siap secara finansial juga sih... anda dapat melakukan perjalanan jauh, bahkan keliling dunia sekalipun.
Sumber: Google image

Tidak hanya sepeda motor, kelengkapan lainnyapun harus anda persiapkan, baik itu tool kit yang diperlukan selama perjalanan, maupun kelengkapan berkendara seperti jas hujan, jaket dan celana bermotor yang sesuai, helm, sarung tangan hingga masker penutup hidung agar anda tidak terlalu banyak menghirup polusi selama di perjalanan. Di musim hujan, jas hujan adalah kelengkapan yang mutlak harus dibawa agar tidak basah selama perjalanan, namun jika hujan semakin deras dan mungkin disertai dengan angin, alangkah baiknya jika kita mencari tempat yang aman untuk berteduh. Menggunakan jas hujan memang dapat menghindari basahnya pakaian kita, namun bagaimana dengan sepatu yang kita pakai? Jika sepatu bermotor anda memang waterproof itu tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika tidak waterproof? Apakah kita akan menggunakan sandal jepit sebagai pengganti sepatu? Saat ini ada solusi yang cukup mudah, yaitu sengan menggunakan mantel khusus untuk sepatu yang dapat membuat sepatu anda tetap kering pada musim hujan. Salah satu contohnya adalah mantel sepatu bernama Cosh yang terdiri dari dua jenis yaitu mantel sepatu khusus sepatu boot dan mantel sepatu pantofel atau casual. Cara memakainya mudah, lebih mudah dan cepat daripada anda melepas sepatu anda, menyimpannya dan mengganti dengan sandal jepit. Selain lebih mudah dan cepat, kaki anda juga akan lebih aman karena anda tetap bisda menggunakan sepatu di dalamnya. Jika Penasaran dengan mantel sepatu ini, anda dapat melihatnya di mantel sepatu.
Sumber: Google image

  Ride Safely!!!

No comments:

Post a Comment