Sunday, July 26, 2020

This is Africa 2 - Chivero

Akhir minggu ini kami memutuskan untuk mengunjungi Danau Chivero. Entah sudah kunjungan yang keberapa, karena danau ini adalah tempat wisata terdekat dari kediaman kami di Kota Harare. Hanya diperlukan waktu perjalanan sekitar 45 menit untuk mencapainya. Danau Chivero ini adalah danau buatan yang terbe
Matahari terbenam di Danau Chivero
ntuk karena dibendungnya Sungai Manyame di tahun 1950. Danau ini menyuplai kebutuhan air bersih untuk Kota Harare.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar Danau Harare antara lain memancing, piknik, mengendarai perahu, menunggang kuda, melihat lukisan yang dibuat manusia purba, serta melihat binatang liar. Kegiatan yang terakhir adalah favorit bagi kami. Banyak binatang liar yang bisa ditemui berkeliaran bebas di sana yaitu Badak Putih, Jerapah, Zebra, Wildebeest, Impala, Burung Unta, Baboon, Kera, Elang pemakan ikan, Babi Hutan serta masih banyak lagi burung beraneka jenis. Danau Chivero bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 6 petang. Jangan mencoba tinggal di dalam melebihi jam yang ditentukan karena petugas patrol akan segera mendekat dan meminta kita untuk meninggalkan tempat. Juga tersedia penginapan di dalamnya. Biaya masuk tempat ini bagi pemilik KTP/ID setempat adalah 3 USD per orang serta 3 USD untuk mobil. Sedangkan bagi wisatawan asing akan dikenai 10 USD per orang dan 10 USD untuk mobil. Karena satwa disini semua adalah satwa liar maka pengunjung yang menggunakan mobil yang hanya diperbolehkan masuk. Kami pernah berjumpa dengan wisatawan asing yang mencoba masuk dengan berjalan kaki yang tentu saja ditolak olah petugas. Di dalam kawasan Danau Chivero dilengkapi dengan petunjuk jalan yang jelas, toilet serta kursi, meja dan tempat membbakar daging yang ditujukan sebagai area piknik. Pengunjung diharapkan mengendarai mobil pada jalur yang telah ditentukan.


Kekeringan yang melanda Zimbabwe sejak tahun lalu menyebabkan debit air di Danau Chivero menurun dengan drastis. Namun ini tidak menyurutkan kunjungan ke Danau Chivero. Waktu terbaik untuk melihat Satwa Liar pada umunya adalah pagi dan sore hari saat mereka bergerombol untuk minum di sumber air. Kami sendiri selalu mengunjungi Danau Chivero sore hari karena kami akan mendapat suguhan matahari terbenam yang sangat indah. Matahari terbit dan matahari terbenam di Afrika adalah yang terindah sejauh ini menurut kami.



No comments:

Post a Comment